##navigation.skip.main## ##navigation.skip.nav## ##navigation.skip.footer##

STRATEGI PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN PEDANGANG PADA (PASAR SAYUR) KECAMATAN SAMBAS

  • Heru sanjaya Heru Politeknik Negeri Sambas
Kata Kunci: Strategi, Pengelolaan Pasar, Analisis SWOT

Abstrak

Perkembangan perekonomian di Indonesia salah satunya ditandai dengan berkembangnya pusat-pusat perdagangan secara luas. Bentuk dari pusat perdagangan tersebut yaitu pasar tradisional dan pasar modern, perbedaan yang mencolok antara pasar tradisional dan modern adalah dari sarana prasarananya yang berakhir pada tingkat ketergantungan pelayanan dan kepuasan konsumen. Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas telah melaksanakan program khusus pengembangan pasar tradisional di setiap kecamatan sebagai pusat perekonomian. Pengembangan pasar tradisional bertujuan pada penyediaan lahan, pembangunan dan pemanfaatan pasar di setiap kecamatan sebagai pusat perekonomian. Salah satunya adalah pasar sayur yang berada di Kecamatan Sambas sebagai tempat menjual kebutuhan primer dan sekunder. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yang merupakan prosedur pemecahan masalah dengan menggambarkan keadaan berdasarkan fakta yang tampak sebagaimana adanya. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada penelitian deskriptif, dengan menggambarkan keadaan objek penelitian dimasa sekarang dengan berdasarkan fakta yang didapat. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara menyeluruh dengan teknik Probability Sampling, yaitu pengambilan sampel yang dimana memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dari hasil wawancara mengenai UMKM yang telah dikumpulkan dan dilakukan analisis kemudian digunakan untuk strategi pemasarannya yaitu dengan mengembangkan bauram pemasaran (marketing mix). Strategi yang dilakukan oleh Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan dalam rencana dan strategi peningkatan pendapatan adalah dengana adanya penataan pasar yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pasar. Dengan menggunakan proses analisis SWOT untuk mendapatkan beberapa kesimpulan yang diharapkan kemudian ditemukan beberapa kesimpulan dari analisis SWOT tersebut

Diterbitkan
2025-11-30