Pemanfaatan Website E-Commerce Sebagai Marketplace Dalam Komersialisasi Produk UMKM Kireina Di Kabupaten Sambas

  • Milda Surgani Firdania Politeknik Negeri Sambas
  • Narti Prihartini
  • Maya Marselia
  • Fathushahib Fathushahib

Abstract

Salah satu produk olahan jamu yang berasal dari Kabupaten Sambas adalah Kireina yang sudah dipasarkan sejak tahun 2020. Selama ini, pemasaran produk Kireina dilakukan secara online lewat sosial media Whatsapp, Facebook, dan Instagram. Setelah lewat dari masa pembatasan physical distancing COVID-19 yang ditetapkan pemerintah, pemasaran produk Kireina dilakukan juga secara offline dengan dititipkan ke Dinas Pendidikan, warung-warung kopi, dan rumah makan, serta mengikuti beberapa pameran diantaranya BNPP_RI, Lalakuli, Pesta Rakyat Simpedes BRI. Media penyampaian informasi kepada pelanggan Kireina masih terbatas berdasarkan postingan pada media sosial secara online tanpa menginformasikan mengenai ketersediaan stok produk sehingga beberapa pelanggan yang terlambat untuk melihat postingan tersebut terkadang kehabisan untuk membeli produk yang diinginkan. Permasalahan prioritas bagaimana meningkatkan pemasaran dan komersialisasi dari produk olahan jamu Kireina ini menjadi dasar pengembangan sebuah marketplace berbentuk website e-commerce yang mampu memberikan informasi mengenai katalog produk dan ketersediaannya secara harian, memberikan informasi pemesanan produk maupun informasi promo produk yang dapat diketahui oleh pelanggan secara real-time serta membantu pihak manajemen untuk memantau perkembangan usaha. Luaran dari kegiatan pengabdian ini yang sudah tercapai adalah Teknologi Tepat Guna (TTG) dalam bentuk website e-commerce dengan alamat domainnya  www.tokosambas.com, artikel di media massa atau elektronik, video di media elektronik, dan manual book dalam bentuk cetak dan file.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce berbasis marketplace dalam upaya mempersingkat distribusi penjualan hasil pertanian. Jurnal RESTI (rekayasa sistem dan teknologi informasi), 1(2), 131-136.

Harmanto, Ning. (2007). Pilih Jamu dan Herbal Tanpa Efek Samping. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Putra, AD. (2020). Rancang Bangun Aplikasi E-commerce Untuk Usaha Penjualan Helm. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, Halaman 17–24.

Rambe, A., Yogi Putra, S. E., Dahrul Siregar, S. E., Lubis, I. T., Furqan, S. E., Par, M. M., ... & Kom, S. (2021). Bisnis Online di Masa Pandemik UMKM Bangkit!. Cattleya Darmaya Fortuna.

Wahyuni, N., & Gunawan, A. (2018). Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce Untuk Pelaku Ukm Wilayah Cilegon. Jurnal Pengabdian Dinamika, 5(1).

Published
2024-12-25
How to Cite
FirdaniaM. S., PrihartiniN., MarseliaM., & FathushahibF. (2024). Pemanfaatan Website E-Commerce Sebagai Marketplace Dalam Komersialisasi Produk UMKM Kireina Di Kabupaten Sambas. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SEHATI ABDIMAS), 7(1), 269-274. https://doi.org/10.47767/sehati_abdimas.v7i1.923
Section
PENGABDIAN SEHATI ABDIMAS TAHUN 2024

Most read articles by the same author(s)