Proses Review

Jurnal Hippocampus merupakan jurnal nasional yang dikelola oleh program studi Agribisnis Perikanan dan Kelautan yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Politeknik Negeri Sambas. Artikel yang dikirimkan ke jurnal secara daring ini akan ditinjau oleh tim mitra bestari.

Praktik peer-review adalah untuk memastikan bahwa hanya ilmu pengetahuan yang baik akan diterbitkan. Hal ini adalah proses objektif yang penting dan baik serta dilakukan oleh semua jurnal ilmiah terkemuka. Tim Editor memerankan peran penting dalam mempertahankan standar dari jurnal Hippocampus dan semua manuskrip/artikel ditinjau oleh mitra bestari sesuai prosedur berikut ini.

Evaluasi naskah

Editor terlebih dahulu mengevaluasi semua naskah yang masuk secara online. Naskah yang ditolak pada tahap ini berarti tidak cukup orisinal, memiliki cacat ilmiah yang serius atau tidak masuk ruang lingkup jurnal Hippocampus. Manuskrip/artikel yang memenuhi kriteria akan diteruskan ke 1-2 mitra bestari yang ahli dibidangnya untuk ditinjau.

Jenis Tinjauan

Jurnal Hippocampus menggunakan tipe tinjauan double-blind (kedua pihak tidak saling mengetahui), di mana para mitra bestari dan penulis tidak saling mengetahui satu sama lain. Tim Editor akan menyesuaikan dengan keahlian para mitra bestari dan database kami akan terus diperbaharui.

Laporan Tinjauan

Tim Editor diminta untuk mengevaluasi: - Apakah naskah asli - Metodologi sesuai - Mengikuti etika pedoman penulisan - Apakah hasil penelitian jelas dan mendukung kesimpulan - Merujuk hasil penelitian yang relevan. Koreksi bahasa bukan dari bagian dari proses peer review, tetapi jika dibutuhkan Tim Redaksi dapat menyarankan perbaikan.

Laporan Akhir

Keputusan akhir untuk menerima atau menolak naskah tersebut akan dikirimkan bersama dengan hasil rekomendasi yang dibuat oleh Tim Redaksi dan termasuk komentar atau saran.

Keputusan Tim Editor adalah Final

Tim Editor akan bertanggung jawab atas keputusan akhir untuk menerima atau menolak naskah/artike/ manuskrip.