Penyuluhan Gizi Seimbang Anak Usia Sekolah Pada Siswa-Siswi SD Negeri 27 Kartiasa Kabupaten Sambas

Counseling On Balanced Nutrition For School-Age Children To Students At Sd Negeri 27 Kartiasa Sambas District

  • Mega Fitri POLITEKNIK NEGERI SAMBAS
  • Tasya POLITEKNIK NEGERI SAMBAS
  • Sri Yuliani POLITEKNIK NEGERI SAMBAS
  • Leni POLITEKNIK NEGERI SAMBAS
  • Maria Felixia Randong POLITEKNIK NEGERI SAMBAS
  • Pegi Aryasari POLITEKNIK NEGERI SAMBAS
  • Adi Putra Ramdani POLITEKNIK NEGERI SAMBAS
Keywords: Counseling, Balanced Nutrition, Elementary School

Abstract

Indonesian faces various health-related problems, one of which is the lack of balanced nutrition. Nutrients can affect the level of health, intelligence, and high work productivity. Counseling at SD Negeri 27 Kartiasa, Sambas Regency aims to increase the knowledge of elementary school children about balanced nutrition intake patterns. The method used in this activity is lecture and question and answer. The process of this activity lasts for ± 1 hour. The results of this activity showed that students at SD Negeri 27 Kartiasa were very enthusiastic in participating in counseling activities. The students listen well when delivering the material, so that there is interaction between one another. With this balanced nutrition education counseling, it is hoped that students can apply a healthy lifestyle and consume healthy food and drinks according to their needs. Through this activity, students can find out a balanced nutritional intake that should be consumed according to their age and body condition.

References

Akbar, Dara Maulidini, dan Zuhrina Aidha. 2020. “Perilaku Penerapan Gizi Seimbang Masyarakat Kota Binjai Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020.” Jurnal Menara Medika 3(1): 66–73.

Asiyah, Siti. 2021. “Pengenalan Gizi Seimbang Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Membentuk Kreasi Makanan Di Raudlatul Athfal Muslimat Nu Kembaran Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.”

Damayanti, Amilia Yuni, Fathimah, dan Inma Yunita Setyorini. 2018. “Gambaran Tingkat Pengetahuan Gizi Seimbang Pada Santriwati Remaja Putri Di Pondok Pesantren.” Darussalam Nutrition Journal 2(2): 1–5.

Damayanti, Didit, Pritasari, dan Nugraheni Tri Lestari. 2017. Gizi Dalam Daur Kehidupan.

Ervira, Feby, Zulma Fara Panadia, Shieviana Veronica, dan Dadang Herdiansyah. 2021. “Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Dan Pemberian Vitamin Untuk Anak-Anak.” Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm) Vol 4(No 1): 234–39.

Fitria, Nila, dan Amalina Ratih Puspa. 2021. “Edukasi Gizi Seimbang Bagi Orang Tua Anak Usia Dini.” SNPPM-3 3: 271–78.

Jayanti, Yunda Dwi, dan Nidya Elsa Novananda. 2017. “Hubungan Pengetahuan Tentang Gizi Seimbang Dengan Status Gizi Pada Remaja Putri Kelas Xi Akuntansi 2 (Di Smk Pgri 2 Kota Kediri).” Jurnal Kebidanan Dharma Husada 6(2): 100–108.

Kementerian Kesehatan RI. 2018. 44 Laporan Nasional Riskesndas 2018 Riskendas 2018. http://www.yankes.kemkes.go.id/assets/downloads/PMK No. 57 Tahun 2013 tentang PTRM.pdf.

Laswati, Dyah Titin. 2019. “Masalah Gizi Dan Peran Gizi Seimbang.” Agrotech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pertanian 2(1): 69–73.

Mardalena, Ida, dan Eko Suyani. 2016. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Keperawatan Ilmu Gizi. http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2017/08/Ilmu-Gizi-Keperawatan-Komprehensif.pdf.

Nuzrina, Rachmanida. 2020. “Upaya Peningkatan Pengetahuan Mengenai Gizi Seimbang Pada Penjamah Makanan Kantin Universitas Esa Unggul.” Jurnal Abdimas 6(2): 1–5.

Papotot, Gianfranco S, Ronald Rompies, dan Praevilia M Salendu. 2021. “Pengaruh Kekurangan Nutrisi Terhadap Perkembangan Sistem Saraf Anak.” Jurnal Biomedik 13(3): 266–73.

Pratami, Tessanika Juniar, Laksmi Widajanti, dan Ronny Aruben. 2016. “Hubungan Penerapan Prinsip Pedoman Gizi Seimbang Dengan Status Gizi Mahasiswa S1 Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang.” Jurnal Kesehatan Masyarakat 4(4): 561–70.

Rostinah, dan Nelly. 2022. “Pengaruh Peran Orang Tua Dan Aksesibilitas Buah Dan Sayuran Terhadap Rendahnya Konsumsi Buah Dan Sayur Pada Anak Pra Sekolah Di Kota Bima Nusa Tenggara Barat.” Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia 10(1): 1–6.

Sambo, Mery, Firda Ciuantasari, dan Godelifa Maria. 2020. “Hubungan Pola Makan Dengan Status Gizi Pada Anak Usia Prasekolah.” Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada 11(1): 423–29.

Silalahi, Vivi Cinthya Rotua, Dian Luthfiana Sufyan, Utami Wahyuningsih, dan Luh Desi Puspareni. 2020. “Pengetahuan Pedoman Gizi Seimbang Dan Perilaku Pilihan Pangan Pada Remaja Putri Overweight: Studi Kualitatif.” Journal of Nutrition College 9(4): 222–27.

Sulastri et al. 2022. “Sosialisasi Kesehatan Diri Pada Anak-Anak Di Sekolah Dasar Negeri 62 Lebong.” Jurnal Dharma Pendidikan Dan Keolahragaan 2(1): 28–34.

Thamaria, Netty. 2017. Penilaian Status Gizi.

Utari, Dewi, Ngatoiatu Rohmani, dan Anggita Prabasiwi. 2022. “Peningkatan Pengetahuan Gizi Seimbang Anak Usia Sekolah Dengan Metode Isi Piringku.” 2(1): 19–28.

Wahyuni, Ni Putu Dewi Sri. 2013. “Program Dokter Kecil Sebagai Upaya Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar.” Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA III: 185–89.

Published
2022-06-27
How to Cite
FitriM., Tasya, YulianiS., Leni, RandongM. F., AryasariP., & RamdaniA. P. (2022). Penyuluhan Gizi Seimbang Anak Usia Sekolah Pada Siswa-Siswi SD Negeri 27 Kartiasa Kabupaten Sambas. Hippocampus, 1(1), 11-15. https://doi.org/10.47767/hippocampus.v1i1.352
Section
Articles