PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PENGEMBANGAN DESA WISATA MELALUI PENDAMPINGAN KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) KETUNJUNG DESA SUMBER HARAPAN
Abstract
Pemanfaatan digital marketing pada era industri 4.0 dapat dijadikan alternatif strategi dalam pemasaran produk agar memudahkan pelaku usaha memantau dan menyediakan kebutuhan serta keinginan calon konsumen, Terutama pada situasi Covid-19 seperti saat ini, Sektor ekonomi mengalami banyak gejolak. Semenjak peraturan pemerintah menerapkan aturan pembatasan aktifitas social diluar rumah dan dilarang untuk berkegiatan yang melakukan atau mengundang kerumunan warga. Akibatnya roda perputaran perkeonomian pun menjadi kacau, dan tidak sedikit pula yang sangat susah untuk menyesuaikan termasuk pengrajin Tenun Songket di Pokdarwis Ketunjung Desa Sumber Harapan Kabupaten Sambas. Permasalahan di desa Sumber Harapan terkait wisata adalah belum adanya website wisata yang berkualitas, menarik, serta informatif, yang digunakan untuk mempromosikan potensi wisata desa tersebut. Pengembangan aspek unggulan desa membutuhkan sarana dan prasarana yang tepat guna sekaligus efektif untuk digunakan. Sebuah sarana teknologi seperti website desa wisata dapat membantu mengembangkan potensi pariwisata desa sekaligus dapat menjadi sarana promosi. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pelatihan pengembangan dan penggunaan website desa wisata sebagai media pengenalan potensi wisata oleh Pokdarwis Ketujnjung desa Sumber Harapan. Target luaran yang diharapkan adalah berkembangnya website desa sebagai sarana promosi pariwisata serta peningkatan pengetahuan keahlian kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Ketunjung dalam pengelolaan website desa wisata.
Downloads
References
Hanoatubun Silpa. (2020). ”Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia”, EduPsyCouns Journal, Volume 2 Nomor 1.
Setyowardhani Hapsari, Susanti Hera, Riyanto. (2019). “Optimalisasi Media Sosial Sebagai Alat Promosi Untuk Desa WIsata Lebakmuncang”, Dinamisia Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3, Special Issue Juni
Rohimah, A. (2019). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online dalam Gugurnya Pasar Ritel Konvensional. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2),
Copyright (c) 2024 fathushahib fathushahib, Muhammad Usman, Fiqih Akbari, Salahudin Salahudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.