Pengembangan Produk UMKM Berdasarkan Preferensi Pasar Menggunakan Algoritma Apriori

  • Theresia Widji Astuti Politeknik Negeri Sambas
  • Lang Jagat Politeknik Negeri Sambas
  • Soni Politeknik Negeri Sambas
Keywords: Algoritma Apriori, Data Mining, Preferensi Pasar

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung ekonomi di banyak negara, termasuk Indonesia. UMKM berperan penting dalam penciptaan lapangan kerja, distribusi pendapatan, dan inovasi. Namun, UMKM sering kali menghadapi tantangan dalam mengembangkan produk yang sesuai dengan preferensi pasar yang dinamis. Salah satu tantangan utama yang dihadapi UMKM adalah keterbatasan dalam memahami dan merespon tren pasar. Hal ini sering kali mengakibatkan produk yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga berpotensi menurunkan daya saing UMKM. Menggunakan data mining dalam teknik menggali informasi berharga dari sejumlah besar data, data mining dapat membantu dalam memahami pola pembelian konsumen dan preferensi pasar. Adapun tujuan penelitian ini adalah menerapkan algoritma apriori dalam data mining untuk membantu UMKM dalam mengembangakan produk yang lebih sesuai dengan preferensi pasar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi UMKM dalam strategi pengembangan produk serta memberikan manfaat bagi stakeholder terkait dalam mendukung pertumbuhan UMKM yang berkelanjutan. Hasil penelitian menggunakan software weka untuk menemukan hasil analisis yang sudah ditentukan, jumlah data transaksi yang diolah adalah 1360 data dengan nilai support minimum 0.02 dan confidencenya adalah 0.4 yang menghasilkan 5 rules/aturan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariana, A. G. B., & Asana, I. M. D. P. (2013). Analisis Keranjang Belanja dengan Algoritma Apriori pada Perusahaan retail. SESINDO 2013, 2013.

Astutik, Y. (2019) Market Basket Analysis Pada Rm. Dapoer Kerang Menggunakan Algoritma Apriori, Skripsi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Stikubank, Semarang.

Badrul, M. (2016). Algoritma asosiasi dengan algoritma apriori untuk analisa data penjualan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 12(2), 121-129.

Nurdin, N., & Astika, D. (2019). Penerapan Data Mining Untuk Menganalisis Penjualan Barang Dengan Menggunakan Metode Apriori Pada Supermarket Sejahtera Lhoksemawe. TECHSI-jurnal Teknik Informatika, 7(1), 132-155.

Salam, A., & Sholik, M. (2018). Implementasi Algoritma Apriori untuk Mencari Asosiasi Barang yang Dijual di E-commerce OrderMas. Techno. com, 17(2), 158-170.

Santoso, H., Hariyadi, I. P., Prayitno, P. (2016). Data Mining Analisa Pola Pembelian Produk Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Semnasteknomedia Online, 4(1), 3-7.

Sianturi, F. A. (2018). Penerapan Algoritma Apriori Untuk Penentuan Tingkat Pesanan. Jurnal Mantik Penusa, 2(1).

Sihombing, E. S., Honggowibowo, A. S., & Nugraheny, D. (2012). Implementasi Data Mining Menggunakan Metode Apriori Pada Transaksi Penjualan Brang (Studi Kasus Di Chorus Minimarket). Compiler, 1(1).

Sophia, D., & Banowosari, L. Y. (2019). IMPLEMENTASI METODE ATURAN ASOSIASI MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN DI WAROENG SPESIAL SAMBAL. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 22(1).

Wahyuni, S. (2018). Implementasi Data Mining dalam Memprediksi Stok Barang Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Teknik dan Informatika, 5(2), 67-71.

Wulandari, H. N,. & Rahayu, N. W. (2014, June). Pemanfaatan Algoritma Apriori untuk Perancangan Ulang Tata Letak Barang di Toko Busana. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) (Vol. 1, No. 1).

Published
2024-12-25
How to Cite
AstutiT. W., JagatL., & SoniS. (2024). Pengembangan Produk UMKM Berdasarkan Preferensi Pasar Menggunakan Algoritma Apriori. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SEHATI ABDIMAS), 7(1), 117-124. https://doi.org/10.47767/sehati_abdimas.v7i1.953
Section
PENELITIAN SEHATI ABDIMAS TAHUN 2024