Kolaborasi Pentahelix di Desa Wisata Keliki Gianyar dalam Mendukung Pengembangan Wisata Budaya Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan
Abstract
Pembangunan ekonomi berkelanjutan merupakan fokus utama dalam kebijakan nasional dan internasional, termasuk di Indonesia. Penelitian ini melakukan kajian peningkatan kesadaran akan pentingnya keberlanjutan, pendekatan kolaborasi pentahelix yang melibatkan pemerintah, akademisi, pelaku bisnis, komunitas, dan media diakui sebagai solusi inovatif untuk memanfaatkan potensi lokal secara optimal. Metode yang digunakan mencakup observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi di Desa Wisata Keliki di Gianyar, Bali. Hasil penelitian memperlihatkan potensi besar dan pengembangan wisata budaya desa ini menghadapi tantangan berupa koordinasi yang lemah, rendahnya adopsi teknologi, serta keterbatasan sumber daya. Pendekatan pentahelix di Desa Keliki berhasil mendorong peningkatan pariwisata budaya melalui inovasi seperti pengembangan pertanian organik, pelatihan masyarakat, dan promosi digital. Selain itu, keterlibatan perempuan dalam pengelolaan homestay dan kerajinan lokal menunjukkan pentingnya pemberdayaan komunitas dalam pembangunan berkelanjutan. Namun, tantangan seperti kurangnya dana riset dan rendahnya partisipasi masyarakat masih menjadi hambatan yang perlu diatasi. Dengan meningkatkan koordinasi lintas sektor, alokasi dana untuk inovasi, dan pelatihan partisipatif, Desa Keliki berpotensi menjadi model desa wisata berkelanjutan yang mengintegrasikan ekonomi, lingkungan, dan kesejahteraan sosial secara seimbang.
Downloads
References
Ayuni, Q., Cangara, H. and Arianto, A. (2019) ‘The Influence of Digital Media Use on Sales Level of Culinary Package Product Among Female Entrepreneur’, Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 23(2). Available at: https://doi.org/10.33299/jpkop.23.2.2382.
Darwin, M. and Sefudin, A. (2020) ‘Perbandingan Teori Disrupsi Pada Marketing Di Era’, Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), pp. 25–39.
Haslinda, H. (2019) ‘Partisipasi Perempuan Dalam Dunia Pariwisata’, an-Nisa, 10(1), pp. 92–98. Available at: https://doi.org/10.30863/annisa.v10i1.387.
Masic, B. et al. (2017) ‘Strategic management in tourism: How to create a competitive advantage of tourism destinations’, Poslovna ekonomija, 11(1), pp. 184–207. Available at: https://doi.org/10.5937/poseko11-12360.
Mašić, B., Dželetović, M. and Nešić, S. (2022) ‘Big data analytics as a management tool: An overview, trends and challenges’, Anali Ekonomskog fakulteta u Subotici, 58(48), pp. 101–118. Available at: https://doi.org/10.5937/aneksub2248101m.
Mulyana, S. (2012) ‘Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa Di Desa Banjar Panjang Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan’, pp. 1–87.
Nugroho, S.P. et al. (2018) ‘Strategi Pengembangan Mice Sebagai Upaya Peningkatan Sektor Pariwisata Kota Surakarta’, The National Conferences Management and Business (NCMAB) 2018, pp. 176–189.
Panjaitan, M. and Pandiangan, E.P. (2015) ‘Mengoptimalkan Kesejahteraan Masyarakat Di’, pp. 44–56.
Prasiasa, D.P.O., Komalasari, Y. and Widari, D.A.D.S. (2023) ‘Perempuan Bali dalam Pengelolaan Pariwisata di Bali’, Jurnal Sosiologi Agama Indonesia (JSAI), 4(1), pp. 27–40. Available at: https://doi.org/10.22373/jsai.v4i1.2557.
Suardana, G., Darma Putra, I.N. and Bawa Atmaja, N. (2018) ‘“The Legend of Balinese Goddesses”: Komodifikasi Seni Pertunjukan Hibrid dalam Pariwisata Bali’, Jurnal Kajian Bali (Journal of Bali Studies), 8(1), p. 35. Available at: https://doi.org/10.24843/jkb.2018.v08.i01.p03.
Sudiarta, I.N. and Suardana, I.W. (2016) ‘Dampak Pariwisata terhadap Kemiskinan di Kawasan Pariwisata di Bali’, Jurnal Kajian Bali, 6(2), pp. 209–228.
Tanjung, D.I.D. and Tengah, J. (2021) ‘Workshop Literasi Pemasaran Digital Desa Wisata’, 4, pp. 1157–1164.
Yuanita, R.A. and Gutama, T.A. (2020) ‘DINAMIKA PERAN PEREMPUAN DALAM PENGEMBANGAN PARRIWISATA DI DAERAH PESISIR KABUPATEN REMBANG (Studi Deskriptif Obyek Wisata Pantai Karang Jahe Desa Punjulharjo Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang)’, Journal of Development and Social Change, 3(2), p. 52. Available at: https://doi.org/10.20961/jodasc.v3i2.45770.
Copyright (c) 2024 Nyoman Gede Mas Wiartha, Ni Desak Made Santi Diwyarthi, I Made Sucipta Adnyana, I Wayan Jata, Made Darmiati, I Wayan Adi Pratama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.