Dampak Internet Terhadap Akses Informasi Bisnis Dan Kontribusinya Terhadap Kinerja Bisnis
Abstract
The internet is a necessity in modern times, the ease of internet access makes it easier to access knowledge, information and various media faster. Thus, every individual has the capability to develop skills and expertise. Not limited to a certain context, the internet helps provide a lot of information, including business information. This information certainly has a contribution to business performance. Based on this phenomenon, this research aims to determine the extent to which the internet can support business performance through the wide availability of business information. This research uses a qualitative approach, data collection is carried out by interviews, the data analysis technique used is deductive reasoning to group data and interpret and formulate the results and conclusions of this research. The results of this research show that most of the internet is used to find business inspiration and various new business methods that are more cost-effective. However, much of the increase in business is due to the internet providing various information that shows product trends that are selling well in the market, so that business owners can sell similar products, or alternative products with the same function. Apart from that, the internet also provides various investment information, and several platforms for making online sales, or doing side jobs that can increase business owners' income
Downloads
References
Ameliany, N. (2019). Analisis Pemasaran Terhadap Bisnis Online (E-Commerce) Dalam Jaringan Sosial Internet. Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 2(1), 12-20.
Aprianto, N. E. K. (2021). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bisnis. International Journal Administration Business & Organization, 2(1), 8-15.
Basry, A., & Sari, E. M. (2018). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). IKRA-ITH Informatika: Jurnal Komputer Dan Informatika, 2(3), 53-60.
Christian, A. B. G., & Rita, M. R. (2016). Peran Penggunaan Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Menunjang Keberhasilan Usaha. EBBank, 7(2), 77-92.
Dianari, R. G. F. (2018). Pengaruh e-commerce terhadap pertumbuhan ekonomi indonesia. Bina Ekonomi, 22(1), 43-62.
Ermawati, E., Husaini, A., & Pakkawaru, I. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Kuota Internet Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 36-58.
Falgenti, K. (2015). Transformasi UKM ke bisnis online dengan internet marketing tools. Faktor Exacta, 4(1), 62-73.
Farhan, M. T., Eryanto, H., & Saptono, A. (2022). Pengaruh Literasi Digital Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha UMKM. TRANSEKONOMIKA: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(6), 35-48.
Fatimah, S., & Azlina, N. (2021). Pengaruh teknologi informasi dan inovasi terhadap kinerja usaha kecil dan menengah (UKM)(Studi pada UKM berbasis online di Kota Dumai). Riset Akuntansi Dan Perbankan, 15(1), 444-459.
Gani, A. G. (2020). Sejarah dan Perkembangan Internet di Indonesia. Jurnal Mitra Manajemen, 5(2).
Kelara, B. N., & Suwarni, E. (2020). Peran Informasi Akuntansi Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Kinerja Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 13(1), 45-53.
Lestari, N. W. N. D., & Warmika, I. G. K. (2019). Pengaruh Orientasi Teknologi Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11).
Maharani, D., Helmiah, F., & Rahmadani, N. (2021). Penyuluhan Manfaat Menggunakan Internet dan Website Pada Masa Pandemi Covid-19. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(1), 1-7.
Masse, M. R. (2017). Internet Dan Penggunaannya (Survei di kalangan masyarakat Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 21(1), 13-24.
Mohammad, W., & Maulidiyah, N. R. (2023). Pengaruh Akses Internet Terhadap Aspek Kualitas Kehidupan Masyarakat Indonesia. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 1(2), 211-221.
Muizu, W. O. Z., Titisari, A., & Sule, E. T. (2018). Peran Knowlege Sharing Terhadap Kinerja Pegawai Perusahaan Telekomunikasi. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(3), 397-406.
Nasution, E. Y., Hariani, P., Hasibuan, L. S., & Pradita, W. (2020). Perkembangan Transaksi Bisnis E-Commerce terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 3(2), 506-519.
Pangestu, M. G., Usmayanti, V., laras Sabrina, H., Lubis, W. I., Utami, F. N., & Rahayu, N. (2023). Peran Media Sosial terhadap Kinerja Bisnis Pada UMKM fortechcomputer. id. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan (JUMANAGE), 2(2), 173-181.
Prihadi, D., & Susilawati, A. D. (2018). Pengaruh kemampuan e-commerce dan promosi di media sosial terhadap kinerja pemasaraan. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(1), 15-20.
Rasyiidin, M. Y. B., Hermawan, I., Kurniawan, A., Murad, F. A., Agustin, M., & Arnaldy, D. (2022). Akses internet gratis untuk usaha mikro kecil dan menengah menggunakan teknologi wireless manajemen channel. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 211-219.
Subiakto, H., & Fisip, U. A. (2013). Internet untuk pedesaan dan pemanfaatannya bagi masyarakat (The usage of internet for the village and villagers). Masyarakat, kebudayaan dan Politik, 26(4), 243-256.
Yulianto, Y., Alfiah, F., Harahap, E. P., Pahad, B. A., Andriyanto, A., Azhari, I. A., & Saputra, R. S. (2015). Analisa Peranan Teknologi Internet Sebagai Media Transaksi E-Commerce Dalam Meningkatkan Perkembangan Ekonomi. Semnasteknomedia Online, 3(1), 4-1.
Zainurrafiqi, Z., & Rachmawati, R. (2018). Pengaruh Etika Bisnis, Faktor Kontingensi Dan Tingkat Penggunaan Internet Terhadap Daya Saing. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 2(4), 550-571.
Marpaung, T. I., Sinaga, A. R., Munthe, M. V. R., Togatorop, F., & Hutahaean, D. T. (2022). Sosialisasi bahaya adiksi internet bagi anak dan remaja di sma negeri 4 pematangsiantar. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi, 1(1), 103-108.
Singh, C. K., Pavithra, N., & Joshi, R. (2022). Internet an Integral Part of Human Life in 21st Century: A Review. Current Journal of Applied Science and Technology, 41(36), 12-18.
Gani, A. G. (2015). Pengenalan teknologi internet serta dampaknya. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 2(2).
Hennyeyová, K. (2005). Internet as an important element of the information society and e-business development. Agricultural Economics–Czech, 51(2005), 8.
Pibriana, D., & Ricoida, D. I. (2017). Analisis pengaruh penggunaan internet terhadap minat belajar mahasiswa (studi kasus: perguruan tinggi di Kota Palembang). JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 3(2), 104-115.
Ritonga, S., Nainggolan, Z., & Ritonga, W. A. (2020). Pengaruh teknologi terhadap komunikasi kehidupan siswa kelas X TKJ SMK Swasta Siti Banun Rantau Selatan. Pena Cendikia, 3(1).
Siregar, L. Y., & Nasution, M. I. P. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online. HIRARKI: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 71-75.
Hasibuan, C. A. (2023). Analisis Pengaruh Manajemen Strategi Teknologi Digital terhadap Perkembangan Pelaku Bisnis E-Commerce dan Loyalitas Pelanggan dalam Perspektif Islam. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 3(2), 3237-3250.
Palinggi, S., & Limbongan, E. C. (2020, January). Pengaruh internet terhadap industri ecommerce dan regulasi perlindungan data pribadi pelanggan di indonesia. In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi) (Vol. 4, No. 1).
Anggraini, F. D., Kholipah, N., & Arifin, Z. (2020, September). Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Bisnis Online Di Kediri Pada Masa Pandemi Covid-19. In Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (Vol. 5, No.1).
Copyright (c) 2024 Alamsyah Agit, Susilawati Muharram, Oktavianty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.