PENINGKATAN BRANDING PRODUK UNTUK MENUNJANG STRATEGI PEMASARAN ONLINE PRODUK TENUN DI DESA SUMBER HARAPAN KABUPATEN SAMBAS
PENINGKATAN BRANDING PRODUK UNTUK MENUNJANG STRATEGI PEMASARAN ONLINE PRODUK TENUN DI DESA SUMBER HARAPAN KABUPATEN SAMBAS
Abstract
Pemanfaatan digital marketing pada era industri 4.0 dapat dijadikan alternatif strategi dalam pemasaran produk agar memudahkan pelaku usaha memantau dan menyediakan kebutuhan serta keinginan calon konsumen, Terutama pada situasi Covid-19 seperti saat ini, Sektor ekonomiĀ mengalami banyak gejolak. Semenjak peraturan pemerintah menerapkan aturan pembatasan aktifitas social diluar rumah dan dilarang untuk berkegiatan yang melakukan atau mengundang kerumunan warga. Akibatnya roda perputaran perkeonomian pun menjadi kacau, dan tidak sedikit pula yang sangat susah untuk menyesuaikan termasuk pengrajin Tenun Songket di Pokdarwis Ketunjung Desa Sumber Harapan Kabupaten Sambas.
Kain tenun songket Sambas merupakan salah satu produk budaya unggulan di
Kabupaten Sambas. Pengrajin tenun songket Sambas sebagian besar berada di Desa Sumber Harapan sehingga desa ini dikenal sebagai desa wisata budaya. Salah satu permasalahan yang dihadapi pengrajin tenun songket yaitu menurunya jumlah orderan tertutama selama pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan rata-rata pengerajin tenun masih menggunakan sistem penjualan offline, Sebab promosi dilakukan pada konsumen yang datang ke toko/rumah pengerajin tenun sehingga promosi hanya menyebar ke daerah sekitar pengerajin dan kurang menjangkau masyarakat luas.
Dari permasalahan diatas maka dibutuhkan solusi agar pengerajin dapat tetap berkembang dengan baik, yaitu dengan Branding Produk dan dipasarkan secara online agar dapat dijangkau masyarakat luas.
Downloads
Copyright (c) 2023 fathushahib

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.