Peningkatan Keterampilan Kreatif Dan Berpikir Kritis Melalui Pendidikan Vokasi Untuk Masa Depan Berkelanjutan Pada Kegiatan Expo First 2024
Abstract
Peningkatan keterampilan kreatif dan berpikir kritis merupakan kebutuhan penting dalam menghadapi tantangan masa depan yang berkelanjutan. Pendidikan vokasi memiliki peran strategis dalam membekali peserta didik dengan kemampuan yang relevan untuk menjawab kebutuhan dunia kerja sekaligus mendukung pembangunan berkelanjutan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas kegiatan Expo FIRST 2024 sebagai sarana pengembangan keterampilan kreatif dan berpikir kritis dalam konteks pendidikan vokasi. Expo FIRST 2024 dirancang sebagai platform kolaboratif yang mempertemukan siswa maupun mahasiswa, pendidik dosen dan guru, dan pelaku industri untuk berbagi inovasi, memperluas wawasan, dan membangun jejaring.
Metode kegiatan ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan observasi, wawancara, dan survei sebagai instrumen utama. Data dikumpulkan dari peserta expo, termasuk siswa maupun mahasiswa dari berbagai program vokasi, pendidik baik guru maupun dosen, serta perwakilan industri. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan ini meningkatkan kemampuan kreatif dan berpikir kritis siswa maupun mahasiswa melalui inovasi yang dipamerkan. Temuan juga mengungkapkan adanya peningkatan minat siswa, mahasiswa, dosen, dan praktisi terhadap isu-isu keberlanjutan, yang mencerminkan dampak positif dari expo dalam membangun kesadaran lingkungan. Kesimpulan dari kegiatan Expo FIRST 2024 berkontribusi dalam mendukung pendidikan vokasi sebagai instrumen pengembangan keterampilan yang relevan dengan masa depan berkelanjutan. Rekomendasi mencakup pengintegrasian kegiatan serupa secara rutin dalam kurikulum pendidikan vokasi untuk memperkuat dampak jangka panjang.
Downloads
References
Edison. (2020). Peran Dan Kompetensi Pendidikan Vokasi Teknik Elektro Di Era Ri 40. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana Unimed, 20.
Fajar, C., & Hartanto, B. (2019). Tantangan Pendidikan Vokasi di Era Revolusi Industri 4 . 0 dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Unggul. Seminar Nasional Pascasarjana 2019.
Fajri, N., M. Nursalim, & S. Masitoh. (2024). Systematic Literature Review : Dampak Teknologi Pendidikan Terhadap Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis, Kreatif, Dan Kolaboratif Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.37304/jtekpend.v4i1.12083
Fitriandari, M., & Winata, H. (2021). Manajemen Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan Di Indonesia. Competence : Journal of Management Studies, 15(1). https://doi.org/10.21107/kompetensi.v15i1.10424
Indriani, L. (2022). Pameran Program Studi Kewirausahaan BINUS 2022. BINUS JOURNAL, 1.
Prakoso, L. Y. (2021). Deskriptif Kualitatif Methode. Defense Study, October.
Riyadi, A. (2024). Peran Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Menyongsong Era Society 5.0. Paedogaria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 15(1).
Rusmulyani, R. (2021). Technical Vocational Education and Training (Tvet) Innovation Dengan Model Pelatihan Berbasis Kompetensi Dalam Pengembangan Soft-Skill Sumber Daya Manusia. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8).
Widyaiswara, R. (2021). Technical Vocational Education and Training (Tvet) Innovation Dengan Model Pelatihan Berbasis Kompetensi Dalam Pengembangan Soft-Skill Sumber Daya Manusia. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8).
Copyright (c) 2024 M Arief Rahman, Ade Silvia Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.