PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PADA SANTRI KELAS VIII MTS DAARUL AMANAH DESA CILAYANG KECAMATAN CIKEUSAL KABUPATEN SERANG
Abstract
Santri di pesantren yang mempunyai keterikatan yang kuat terhadap pendidikan agama dan akhlak mempunyai potensi religiusitas yang baik. Masa remaja yang ditandai dengan perubahan biologis dan psikologis dapat menimbulkan tantangan jika tidak dikelola dengan baik. Berdasarkan wawancara dengan pengurus pondok pesantren, terlihat banyak santri yang menunjukkan kecerdasan emosional yang rendah, sehingga perlu adanya evaluasi dalam pengelolaan emosi untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung bagi pengembangan kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kecerdasan emosional siswa MTs Daarul Amanah untuk memastikan perilaku sesuai dengan norma. Data dikumpulkan melalui kuesioner dari kelas VIII dengan menggunakan metode deskriptif, korelasional, dan komparatif, dengan pendekatan kuantitatif. Analisis dilakukan secara kuantitatif dan deskriptif untuk mengidentifikasi hubungan antara kecerdasan emosional dan religiusitas. Hasil penelitian menunjukkan validitas instrumen tinggi (Product Moment > 0,344). Uji statistik menunjukkan data berdistribusi normal (signifikansi > 0,05). Ada korelasi kuat antara religiusitas dan kecerdasan emosional. Model regresi tanpa gangguan dan analisis menegaskan adanya korelasi yang kuat antara religiusitas dan kecerdasan emosional. Pengaruh internal dan eksternal, termasuk sejarah yayasan dan program pendidikan, mendukung komitmen Daarul Amanah sebagai lembaga pendidikan Islam yang unggul.
Downloads
References
Adhim, F. (2009). PEGAWAI ALUMNI DAN BUKAN ALUMNI PESANTREN ( Studi pada Kantor Depag Kabupaten Bangkalan ) Fauzan Adhim. Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 5(2), 127–154.
Arieska, P. K., & Herdiani, N. (2018). Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif. Jurnal Statistika, 6(2), 166–171. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/statistik/article/view/4322/4001
Cahyani, N. L. P. A., Rumapea, P., & Liando, D. M. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Motivasi, Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara Di Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Ilmu Politik, 1–20. https://media.neliti.com/media/publications/160800-ID-pengaruh-kecerdasan-emosional-motivasi-d.pdf
Esterningari, A. (2021). Pengembangan Diri: 5 Aspek Pengembangan Diri. https://Spada.Kemdikbud.Go.Id. Diakses 20 Februari 2024.
Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2018). Teori-Teori Psikologi (Efikasi Diri). In BRQ Business Research Quarterly (Vol. 21, Issue 2, pp. 99–110). https://doi.org/10.1016/j.brq.2018.02.001
Idrus, S. F. I. Al, Damayanti, I. P. S., & Ermayani. (2020). Pengembangan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Karakter (Development of Emotional Intelligence of Students in Elementary Schools Through Character Education). PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 137–146.
Imran, M. I. A. (2018). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 50–64.
Kornhaber, M. L. (2019). The theory of multiple intelligences. The Cambridge Handbook of Intelligence, June 2017, 659–678. https://doi.org/10.1017/9781108770422.028
Law, K. S., & Song, L. J. (2004). The Construct and Criterion Validity of Emotional Intelligence and Its Potential Utility for Management Studies. 89(3), 483–496. https://doi.org/10.1037/0021-9010.89.3.483
Palupi, A. O. (2013). REMAJA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 02 SLAWI KABUPATEN TEGAL.
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
Purba, D. S., Tarigan, W. J., Sinaga, M., & Tarigan, V. (2021). Pelatihan Penggunaan Software SPSS Dalam Pengolahan Regressi Linear Berganda Untuk Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Karya Abadi, 5, 5–24.
Solihah, M. A. (2016). Hubungan religiusitas dan kecerdasan emosi (Issue April). Universitas Negeri Yogyakarta.
T Kasim, K. (2014). Analisis Komparatif Selera Konsumen Perkotaan Gendongan Bayi Merk Badawi Traso Warna Merah. Jurnal Wiga, 4(1), 61–70.
Wibowo. (2013). Perilaku dalam Organisasi (Cetakan ke). Rajawali Pres.
Copyright (c) 2024 Firman Sihabbudin, Aisya Maharani, Siti Hipjiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.