Analisis Penggunaan Dompet Digital Melalui Transaksi Online terhadap Minat Pembelian Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta)

  • Siska Angreyani Nasution UMS
  • Melia Putri
  • Ghina Aulia Rahma
  • Nabila Masithoh Rosyidani
  • Apriliana Ervynasari

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini, telah mengubah sistem pembayaran yang mulanya menggunakan sistem konvensional menjadi serba digital. Contohnya dapat dilihat pada pembelian online yang sekarang banyak dilakukan melalui e-commerce dengan menggunakan dompet digital sebagai alat pembayarannya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengkaji terkait penggunaan dompet digital melalui transaksi online terhadap minat pembelian mahasiswa. Penelitian ini menggunakan sampel data primer dari 100 mahasiswa yang menggunakan dompet digital sebagai alternatif pembayaran. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan hasil yang menunjukan bahwa dompet digital berpengaruh terhadap transaksi online untuk meningkatkan minat pembelian dari mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik regresi PLS-SEM Smart PLS 4 dengan signifikansi P < 0,10 yaitu transaksi online memediasi antara dompet digital dan niat pembelian. Kekurangan dari penelitian ini adalah hal yang dikaji oleh peneliti hanya pada penggunaan dompet digital melalui transaksi online terhadap minat pembelian mahasiswa, oleh karena  itu masih perlu adanya pertimbangan untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan variabel lain yang mempengaruhi volume penggunaan dompet digital dalam melakukan pembelian oleh mahasiswa yang belum dikaji lebih lanjut dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andhini, Amelia. 2017. “PENGARUH TRANSAKSI ONLINE SHOPPING Khuzaini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 6(7): 1–23.

Auliya, M. (2018), Bayar tagihan dengan GoPay atau OVO, amankah? (Diakses dari https://www.domainesia.com/tips/dompet-elektronik-adalah/ pada tanggal 29 Oktober 2023).

Aulia, Sisca. 2020. “Pola Perilaku Konsumen Digital Dalam Memanfaatkan Aplikasi Dompet Digital.” Jurnal Komunikasi 12(2): 311.

Diva, Nada, Rizki Rembulan, and Egi Arvian Firmansyah. 2020. “Perilaku Konsumen Muslim Generasi-Z Dalam Pengadopsian Dompet Digital.” Valid Jurnal Ilmiah 17(2): 111.

Etikan, Ilker. 2016. “Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling.” American Journal of Theoretical and Applied Statistics 5(1): 1.

Ghozali, Imam.2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program SPSS 23. Edisi Kedelapan, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ika Febrilia, Shela Puspita Pratiwi, and Irianto Djatikusumo. 2020. “Minat Penggunaan Cashless Payment System – Dompet Digital Pada Mahasiswa Di Fe Unj.” JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia 11(1): 1–19.

Karsen, M., Chandra, Y.U., & Juwitasary, H. (2019). Technological Factors of Mobile Payment: A Systematic Literature Review. Procedia Computer Science.

Kumala, Irna, and Intan Mutia. 2020. “Pemanfaatan Aplikasi DOMPET Digital Terhadap Transaksi Retail Mahasiswa.” Seminar Nasional Riset dan Teknologi (SEMNAS RISTEK): 64–69.

Rakhmawati, Nur Aini, Alvin Edgar Permana, Arvy Muhammad Reyhan, and Hidayattul Rafli. 2021. “Analisa Transaksi Belanja Online Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Teknoinfo 15(1): 32.

Sagayarani, D. (2017). Digital Payments In India. IOSR Journal of Business and Management (IOSRJBM) .

Shukla, Suchita and Chirag Malhotra. 2017. Digital Payments in India. Journal of Business and Management Volume 9 Hal 28-33.

Solomon, Michael R. (2009). Consumer behavior : buying, having, and being / Michael R. Solomon. New Jersey :: Pearson Prentice Hall,.

Sulistyowati, Rini, Loria Paais, and Rifana Rina. 2020. “Persepsi Konsumen Terhadap Penggunaan Dompet Digital.” ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi 4(1): 17.

Published
2024-02-28
How to Cite
NasutionS. A., PutriM., RahmaG. A., RosyidaniN. M., & ErvynasariA. (2024). Analisis Penggunaan Dompet Digital Melalui Transaksi Online terhadap Minat Pembelian Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). Prosiding Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SEHATI ABDIMAS), 6(1), 95-102. https://doi.org/10.47767/sehati_abdimas.v6i1.661
Section
PENELITIAN SEHATIABDIMAS 2023