BRANDING DESA SEMPADIAN SEBAGAI PENGHASIL KOPI UNTUK MENDUKUNG DIVERSIFIKASI PRODUK UNGGULAN DESA BRANDING DESA SEMPADIAN SEBAGAI PENGHASIL KOPI UNTUK MENDUKUNG DIVERSIFIKASI PRODUK UNGGULAN DESA

Main Article Content

Lang Jagat Lang Jagat

Abstract

Kopi merupakan komoditas ekspor penting bagi Indonesia yang mampu menyumbang devisa
yang cukup besar. Dari beberapa daerah penghasil kopi di Kalimantan Barat, Kabupaten
Sambas merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat yang memiliki area
perkebunan kopi terluas ke-2 dengan jenis Kopi liberika (coffea liberica). Saat ini kopi
liberika Sambas belum terkenal seperti beberapa penghasil kopi yang saat ini beredar di
pasaran, sehingga perlu dirumuskan beberapa strategi upaya pengenalan desa (village
branding) dengan mengangkat berbagai keunggulan desa yang memiliki areal dan tanaman
kopi, sehingga desa berusaha untuk membangun “branding” desa sebagai adopsi dari model
city branding, atau country branding. Dengan adanya village branding membuat suatu desa
menjadi lebih memiliki keunggulan yang berbeda, memiliki kekhasan dan keunikan dengan
identitas yang kuat. Desa yang menjadi target kegiatan pengabdian untuk branding sebagai
penghasil kopi adalah Desa Sempadian, karena beberapa petani yang telah mengelola kebun
kopi dengan baik, dan telah membentuk kelompok tani kopi liberika serta memiliki kelompok
masyarakat/UKM yang mengolah kopi. Tahun 2019 kopi sempadian ikut berpartisipasi dalam
kegiatan festival kopi Nusantara yang dilakukan oleh Kementrian Desa di Kepulauan Nias
Sumatera. Metode kegiatan dalam kegiatan ini adalah penentuan model branding, pemilihan
channel branding berupa sosial media, youtube dan media massa, serta pembuatan kaos
branding kopi Sambas. Selain itu untuk mendukung program juga dilakukan pelatihan dan
pembinaan petani dan pemberian bibit kopi liberika kepada masyarakat yang belum
menanam. Kegiatan pengabdian ini dapat membantu branding kopi lokal Sambas sehingga
kopi liberika Sambas bisa dikenal, meningkatkan harga dan permintaan pasar yang besar
sehingga kopi liberika Sambas bisa menjadi salah satu produk unggulan kopi Nasional.

Article Details

How to Cite
Lang JagatL. J. (2021). BRANDING DESA SEMPADIAN SEBAGAI PENGHASIL KOPI UNTUK MENDUKUNG DIVERSIFIKASI PRODUK UNGGULAN DESA. DIPAMAS, 3(1), 16 -. https://doi.org/10.47767/dipamas.v3i1.295
Section
Articles