Aktivitas Project-Based Learning dalam Perkuliahan Bahasa Inggris Teknik
Abstract
Metode pembelajaran dikelas sangat mempengaruhi sikap mahasiswa terhadap pelaksanaan perkuliahan khususnya dalam perkuliahan Bahasa Inggris bidang Teknik. Untuk itu, menerapkan sebuah metoda yang tepat sangat bermanfaat bagi suksesnya pembelajaran. Saat ini Project Based Learning adalah suatu metoda yang sedang gencar digalakkan di institusi Politeknik. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggambarkan bagaimana Project-Based sederhana dilakukan di dalam pembelajaran Bahasa Inggris bidang Teknik, dan melihat bagaimana respon mahasiswa terhadap pelaksanaannya. Observasi kelas dan pembagian kuesioner dilakukan untuk mendapatkan respon mahasiswa. Kegiatan pembelajaran ini diikuti oleh 40 mahasiswa tingkat satu yang berasal dari dua kelas dengan jurusan berbeda yakni Teknik Manufaktur dan Teknik Otomasi & Mekatronika Manufaktur. Berdasakan hasilnya, ditemukan bahwa pelaksanaan Project-Based Learning berjalan dengan lancar, dan mahasiswa memberikan respon yang baik terhadap pelaksanaan perkuliahan dimana mereka dapat membangun kemampuan komunikasi, kreativitas & eksplorasi, berfikir kritis, dan kolaborasi. Dari penelitian ini didapatkan umpan balik bahwa kegiatan pembelajaran ini perlu dilanjutkan dengan durasi yang lebih lama.
Kata kunci: Project Based Learning, Bahasa Inggris Teknik
Downloads
References
Affandi, A. & Sukyadi, D. (2016). Project-Based Learning and Problem-Based Learning for EFL
Students’ Writing Achievements at the Tertiary Level, Rangsit Journal of Education Studies,
Vol.3 No.1 pp23-40, January-June 2016, Rangsit University Thailand
https://rsujournals.rsu.ac.th/index.php/RJES/article/view/2254 diakses 17 Nopember 2023
Ilham. (2022). Implementing project-based learning for EFL students’ writing achievement at the
tertiary level. English Review: Journal of English Education, 10(3), 1003-1012.
http://doi.org/10.25134/erjee.v10i3.6470.
Karyawati, A. & Ashadi, A. (2018). Inovation in the Classroom: Engaging English as a Foreign
Learning Students using Project Based Learning. Jurnal LingTera, 5 (1), 2018, 61-31.
Universitas Negeri Yogyakarta.
Mali, YCG. (2016). Project-Based Learning in Indonesian EFL Classrooms: From Theory to
Practice. Indonesian Journal English Education (IJEE), 3 (1), 2016, 89-105. UIN Jakarta
Peraturan Direktur Jendral Vokasi Nomor 27 tahun 2022, Tentang Panduan Penerapan Pembelajaran
Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan
Vokasi
Permata, NN., Students’ Perception towards Collaborative Learning in ESP Classroom, SIEC
Journal, (2014), Siliwangi University
Permata, NN., Persepsi Mahasiswa Politeknik Mengenai Pemerolehan Soft Skills Mereka dalam
Penggunaan Collaborative Learning di Kelas Bahasa Inggris, Prosiding Seminar Nasional
Rekayasa & Teknologi Manufaktur, (2016), Politeknik Manufaktur Bandung
Sagala, Syaiful. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Seftika, S., Mujiyanto.J., Faridi, A., Sakhiyya, Z. (2021). Project Based Learning untuk
Meningkatkan Keterampilan Speaking Mahasiswa Abad 21. Prosiding Seminar Nasional
Pascasarjana (2021): 169-171
https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/843/743 diakses 17
Nopember 2023
Sukerti, GNA., dan Susana, KY. (2019). Fostering Students’ Presentation Skill using Infographic:
The Implementation of Project-Based Learning in English for Specific Purposes.
International Journal of Indonesian Education and Teaching (IJIET) Vol.3 No.2 July, 2019,
Universitas Sanata Dharma
Sumarni, Woro. (2013). The Strengths and Weaknesses of the Implementation of Project Based
Learning: A Review, International Journal of Science and Research (IJSR), diakses 28
Nopember 2023, https://www.ijsr.net/archive/v4i3/SUB152023.pdf
Copyright (c) 2024 Nia Permata, Dini Hadiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.