Aktivitas Project-Based Learning dalam Perkuliahan Bahasa Inggris Teknik

  • Nia Permata Politeknik Manufaktur Bandung
  • Dini Hadiani

Abstract

Metode pembelajaran dikelas sangat mempengaruhi sikap mahasiswa terhadap pelaksanaan perkuliahan khususnya dalam perkuliahan Bahasa Inggris bidang Teknik. Untuk itu, menerapkan sebuah metoda yang tepat sangat bermanfaat bagi suksesnya pembelajaran. Saat ini Project Based Learning adalah suatu metoda yang sedang gencar digalakkan di institusi Politeknik. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggambarkan bagaimana Project-Based sederhana dilakukan di dalam pembelajaran Bahasa Inggris bidang Teknik, dan melihat bagaimana respon mahasiswa terhadap pelaksanaannya. Observasi kelas dan pembagian kuesioner dilakukan untuk mendapatkan respon mahasiswa. Kegiatan pembelajaran ini diikuti oleh 40 mahasiswa tingkat satu yang berasal dari dua kelas dengan jurusan berbeda yakni Teknik Manufaktur dan Teknik Otomasi & Mekatronika Manufaktur. Berdasakan hasilnya, ditemukan bahwa pelaksanaan Project-Based Learning berjalan dengan lancar, dan mahasiswa memberikan respon yang baik terhadap pelaksanaan perkuliahan dimana mereka dapat membangun kemampuan komunikasi, kreativitas & eksplorasi, berfikir kritis, dan kolaborasi. Dari penelitian ini didapatkan umpan balik bahwa kegiatan pembelajaran ini perlu dilanjutkan dengan durasi yang lebih lama.

 

Kata kunci: Project Based Learning, Bahasa Inggris Teknik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affandi, A. & Sukyadi, D. (2016). Project-Based Learning and Problem-Based Learning for EFL

Students’ Writing Achievements at the Tertiary Level, Rangsit Journal of Education Studies,

Vol.3 No.1 pp23-40, January-June 2016, Rangsit University Thailand

https://rsujournals.rsu.ac.th/index.php/RJES/article/view/2254 diakses 17 Nopember 2023

Ilham. (2022). Implementing project-based learning for EFL students’ writing achievement at the

tertiary level. English Review: Journal of English Education, 10(3), 1003-1012.

http://doi.org/10.25134/erjee.v10i3.6470.

Karyawati, A. & Ashadi, A. (2018). Inovation in the Classroom: Engaging English as a Foreign

Learning Students using Project Based Learning. Jurnal LingTera, 5 (1), 2018, 61-31.

Universitas Negeri Yogyakarta.

Mali, YCG. (2016). Project-Based Learning in Indonesian EFL Classrooms: From Theory to

Practice. Indonesian Journal English Education (IJEE), 3 (1), 2016, 89-105. UIN Jakarta

Peraturan Direktur Jendral Vokasi Nomor 27 tahun 2022, Tentang Panduan Penerapan Pembelajaran

Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan

Vokasi

Permata, NN., Students’ Perception towards Collaborative Learning in ESP Classroom, SIEC

Journal, (2014), Siliwangi University

Permata, NN., Persepsi Mahasiswa Politeknik Mengenai Pemerolehan Soft Skills Mereka dalam

Penggunaan Collaborative Learning di Kelas Bahasa Inggris, Prosiding Seminar Nasional

Rekayasa & Teknologi Manufaktur, (2016), Politeknik Manufaktur Bandung

Sagala, Syaiful. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Seftika, S., Mujiyanto.J., Faridi, A., Sakhiyya, Z. (2021). Project Based Learning untuk

Meningkatkan Keterampilan Speaking Mahasiswa Abad 21. Prosiding Seminar Nasional

Pascasarjana (2021): 169-171

https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/843/743 diakses 17

Nopember 2023

Sukerti, GNA., dan Susana, KY. (2019). Fostering Students’ Presentation Skill using Infographic:

The Implementation of Project-Based Learning in English for Specific Purposes.

International Journal of Indonesian Education and Teaching (IJIET) Vol.3 No.2 July, 2019,

Universitas Sanata Dharma

Sumarni, Woro. (2013). The Strengths and Weaknesses of the Implementation of Project Based

Learning: A Review, International Journal of Science and Research (IJSR), diakses 28

Nopember 2023, https://www.ijsr.net/archive/v4i3/SUB152023.pdf

Published
2024-02-29
How to Cite
Permata, N., & Hadiani, D. (2024). Aktivitas Project-Based Learning dalam Perkuliahan Bahasa Inggris Teknik. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SEHATI ABDIMAS), 6(1), 215-221. https://doi.org/10.47767/sehati_abdimas.v6i1.653
Section
PENELITIAN SEHATIABDIMAS 2023