IMPLEMENTASI WEB REPOSITORY MENGGUNAKAN CMS EPRINTS DI POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN UNTUK MANAJEMEN EFEKTIF DOKUMEN AKADEMIK
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah mengubah paradigma dalam penyimpanan dan akses terhadap informasi akademik. Dalam pengembangan sistem penyimpanan, permasalahan efektivitas dan efisiensi penyimpanan tugas akhir mahasiswa, serta kehandalan dan ketersediaan akses informasi muncul. Penelitian ini bertujuan menghasilkan rancang bangun web repository menggunakan CMS Eprints sebagai tempat penyimpanan dokumen akademik yang efektif dan efisien. Metode pengembangan System Development Life Cycle dengan model waterfall diterapkan. Data diperoleh melalui angket dan wawancara, melibatkan dosen sebagai validator dan mahasiswa sebagai pengguna akhir. Pengujian mengacu pada standar kualitas ISO/IEC 25010 yang mencakup functional suitability, usability, performance efficiency, dan portability. Hasil pengujian menunjukkan functional suitability mencapai 100%, menunjukkan pemenuhan kebutuhan fungsional sesuai penilaian dosen validator. Usability mencapai 89,72%, mencerminkan kelayakan yang sangat baik menurut mahasiswa sebagai pengguna akhir. Pengujian performance efficiency, dengan rata-rata semua halaman sebesar 77% dan waktu respon 2.4 detik, mencerminkan kinerja yang diterima dengan baik. Pengujian portabilitas menggunakan berbagai aplikasi browser dan perangkat berbeda mendapatkan hasil 100%, menegaskan akses yang luas dan konsisten dari berbagai platform. Penelitian ini menegaskan bahwa implementasi web repository dapat memenuhi kebutuhan penyimpanan di lingkungan akademik, meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajemen dokumen akademik, serta mendukung pengembangan pengetahuan dan keterbukaan informasi di kalangan mahasiswa dan dosen.
Downloads
References
Asadi, S., Abdullah, R., Yah, Y., & Nazir, S. (2019). Understanding Institutional Repository in
Higher Learning Institutions: A Systematic Literature Review and Directions for Future
Research. IEEE Access, 7, 35242–35263. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2019.2897729
Iqbal, H., & Babar, M. (2016). An Approach for Analyzing ISO / IEC 25010 Product Quality
Requirements based on Fuzzy Logic and Likert Scale for Decision Support Systems.
International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 7(12).
https://doi.org/10.14569/IJACSA.2016.071232
ISO/IEC 25010. (2011). Systems and software engineering — Systems and software Quality
Requirements and Evaluation (SQuaRE) — System and software quality models. Retrieved
November 30, 2023, from https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso-iec:25010:ed-1:v1:en
Kamal, S., Anwar, A., & Mursyidah. (2018). Sistem Repositori Menggunakan Algoritma Pencarian
Sequential dan Analisis QOS. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 1–14.
M., M., & SUPPURAJ, S. (2014). Institutional repository initiatives in higher education institutions
in Tamil Nadu: A study. International Journal of Information Dissemination and Technology,
, 21–27.
Muhammad, R., & Ur, S. (2015). Users’ Perception and Satisfaction with Higher Education
Commission Pakistan Research Repository (PRR): problems and opportunities. Retrieved from
http://digitalcommons.unl.edu/libphilprachttp://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/1271
Santos-Hermosa, G. (2023). The Role of Institutional Repositories in Higher Education: Purpose
and Level of Openness. Distributed Learning Ecosystems, 47–70. https://doi.org/10.1007/978-
-658-38703-7_4/FIGURES/1
Santos-Hermosa, G., Ferran-Ferrer, N., & Abadal, E. (2017). Repositories of Open Educational
Resources: An Assessment of Reuse and Educational Aspects. The International Review of
Research in Open and Distributed Learning, 18(5), 84–120.
https://doi.org/10.19173/IRRODL.V18I5.3063
Zibani, P., Rajkoomar, M., & Naicker, N. (2022). A systematic review of faculty research
repositories at higher education institutions. Digital Library Perspectives, 38(2), 237–248.
Copyright (c) 2024 Andi Yasir Amsal, Riklan Kango, Ihsan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.